MATERI KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 3 MUATAN IPS

Masihkah ingat Indonesia merupakan negara kepulauan dan maritim?
negara maritim Archives - Rakyat Rukun

Indonesia merupakan negara maritim karena memiliki wilayah laut yang luas. Sejarah jaman dahulu Indonesia pernah berjaya dari kemaritimannya, salah satunya adalah kerajaan Sriwijaya yang berdiri dari tahun 630 - 1030 Masehi dan kerajaan Majapahit yang berdiri dari 1293 - 1478 Masehi. Di bawah Raden Wijaya, Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, Majapahit berhasil menguasai dan mempersatukan nusantara. Pengaruhnya bahkan sampai ke negara-negara asing seperti Siam, Ayuthia, Lagor, Campa (Kamboja), Anam, India, Filipina, China. Setelah Majapahit muncul kerajaan Demak yang juga memiliki kejayaan di lautan. bukti kekuatan maritim Kerajaan Demak mampu mengirim armada laut yang dipimpin Pati Unus yang bergelar Pangeran Sabrang Lor membawa 100 buah kapal dengan 10.000 prajurit menyerang Portugis di Malaka.

Selain sejarah di atas, salah satu bukti kejayaan Indonesia di dunia kemaritiman adalah Indonesia khusunya suku bugis yang memang dikenal ahli membuat kapal dan merupakan pelaut yang tangguh. Kapal yang dibuat suku bugis dikenal sebagai kapal pinisi. Pinisi adalah kapal layar tradisional khas milik Indonesia, yang berasal dari suku Bugis dari provinsi Sulawesi Selatan. Kapal ini memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di bagian depan, dan dua lagi di bagian belakang kapal.
Kapal Pinisi, Kapal Legendaris Asal Bugis Sejak Abad ke-14 ...


Kondisi Indonesia sebagai negara maritim, maka Indonesia memiliki kekayaan bahari yang cukup banyak. Sumber kekayaan laut di Indonesia terdiri dari:
  1. Ikan, di lautan Indonesia ada banyak sekali jenis ikan yang hidup, ini menjadikan ikan sebagai sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi negara. Salah satunya jenis ikan pelagis yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.Wilayah Perairan Ini Jadi Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia
  2. Rumput laut, adanya rumput laut menjadikan tambahan kekayaan laut yang dapat dijadikan sumber ekonomi negara. rumput laut dapat dibuat menjadi agar-agar, karaginan, alginate, dan obat-obatan.Rumput Laut Indonesia Berkualitas Tinggi di Dunia - Hariansuara.com
  3. Kerang Mutiara, salah satu jenis kerang mutiara yang memiliki nilai ekonomi tinggi adalah Pinctada maxima yang hanya ada di laut Indonesia.Wishes Waiting To Come True (100% Real Natural Pearls) 25 pearls ...
  4. Garam, garam adalah salah satu bahan dapur yang wajib dipakai dalam memasak. Garam mengandung yodium, yang sangat baik dalam mencegah kanker, serta menghilangkan jerawat. Garam berasal dari air laut yang mengering, dan menyisakan hanya butiran- butiran kristal garam. Madura adalah pulau di Indonesia yang menghasilkan garam dengan kualitas baik.Menteri Susi : Harga Garam Jatuh karena Terlalu Banyak Impor dan ... 
  5. Minyak dan Gas Bumi, Bangkai makhluk hidup laut yang terendap selama jutaan tahun, akan menjadi minyak bumi. Hal tersebut juga terjadi padahewan- hewan laut yang telah mati selama jutaan tahun, dna terendap di dalam lapisan kulit bumi. Minyak bumi lepas pantai adalah, minyak bumi yang berada di dalam laut. Minyak bumi lepas pantai di Indonesia berada di laut jawa, laut cina selatan, laut sulawesi, dan laut malaka.
  6. Fosfat, Fosfat adalah tulang- belulang ikan yang telah mati. Tulang belulang ikan yang mati, dikumpulkan dan dihancurkan. Tulang belulang ikan yang mengandung fosfat ini, dapat dipakai dipakai sebagai pupuk organik.

Kondisi Indonesia yang sebagai negara kepulauan menjadikan Indonesia memiliki banyak wilayah pantai. Kondisi banyaknya pantai di Indonesia membuat sebagian masyarakat pesisir pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Selain alasan tersebut karena Indonesia memiliki kekayaan laut yang melimpah sehingga sangat menguntungkan bagi masyarakat Indonesia berprofesi sebagai nelayan. Namun demikian kita wajib menjaga kelestarian laut agar kelangsungan kehidupan biota laut tetap terjaga. Caranya adalah:

  1. Tidak membuang sampah sembarangan. Di laut maupun di sungai. Sungai adalah aliran air yang akan bermuara ke laut. Jika air sungai kotor, maka laut ikut kotor. 
  2. Tidak membuang limbah pabrik ke laut.
  3. Tidak memakai pukat harimau atau bom dalam menjaring ikan. Hal ini akan melestarikan dan menjaga populasi ikan tetap seimbang.
  4. Tidak membuang sampah di pantai. Pantai adalah daratan yang paling dekat dengan laut. Jika pantai kotor, akan berdampak pada kebersihan laut.
  5. Tidak menyentuh terumbu karang saat sedang menyelam di laut.
  6. Tidak membunuh hewan yang terancam punah di laut.
  7. Melakukan penanaman kembali terumbu karang.
Lalu apa saja keuntungan dari keadaan Indonesia sebagai negara maritim?
Keuntungan Indonesia sebagai negara maritim adalah:
  1. Banyak ikan dan biota laut yang dapat dijadikan sebagai sumber pangan dan keuangan.
  2. laut dan pantai yang indah menjadikan destinasi tempat wisata bagi turis dalam dan luar negeri, sehingga devisa negara menjadi naik.
  3. Laut Indonesia menjadi lalu lintas perdagangan dunia, sehingga mudah melakukan kerjasama perdagangan untuk meningkatkan pendapatan negara.
  4. Mudah memasarkan produk dalam negeri, sehingga masyarakat yang menjadi pengusaha suatu produk dapat meningkatkan perdagangannya.
Indonesia disebut sebagai negara maritim dan kepulauan, sehingga keberagaman di Indonesia juga terdapat pada jenis transportasi di Indonesia.

Apa itu transportasi?
Transportasi adalah perpindahan orang atau barang menggunakan alat atau kendaraan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan, Alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk bertransportasi, ia terdiri dari mobil, motor, kereta api, pesawat, kapal laut dan lain sebagainya.

Secara masanya transportasi terbagi menjadi dua, yaitu transportasi tradisional dna modern. Transportasi tradisional adalah transportasi jaman dahulu yang menggunakan tenaga alam, manusia dan hewan, seperti delman, becak, perahu layar, dsb. Transportasi modern adalah transportasi yang menggunakan mesin, seperti mobil, kereta, kapal motor, dan pesawat.

di Indonesia Jenis Transportasi ada 3 yaitu transportasi darat, air, dan udara.
  1. Transportasi darat, terdiri dari sepeda, delman, becak, motor, mobil, kereta api, bus. TRANSPORTASI DARAT | MOH. SHOLIHIN
  2. Transportasi air, terdiri dari kapal, perahu, kapal motor, dan boat.Puzzle Edukasi Alat Transportasi Air di lapak Amaya Puzzle | Bukalapak
  3. Transportasi udara, terdiri dari pesawat terbang, pesawat jet, dan helikopter. Jenis transportasi udara, Alat transportasi udara, Transportasi ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMA 2 SUBTEMA 1 IPA (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA)

KELAS 5 BAB 5 SISTEM PENCERNAAN

MATERI KELAS 5 TEMA 3 MAKANAN SEHAT