KELAS 5 TEMA 3 MAKANAN SEHAT

 MATA PELAJARAN IPS

Tujuannya adalah:

agar kalian memahami manusia sebagai makhluk sosial, serta dapat menganalisis keberagaman kehidupan di lingkungan sosial yang berhubungan dengan kebudayaan, serta pekerjaan atau mata pencaharian.

tema kita kali ini adalah makanan sehat. Berbicara mengenai makanan, setiap manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Hal ini menunjukkan bahwa manusia sebagai makhluk individu.

Namun demikian manusia membutuhkan hubungan atau kerjasama dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut. Artinya manusia juga sebagai makhluk sosial.

Mengapa manusia sebagai makhluk sosial?

karena manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia perlu berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contohnya adalah seorang pegawai yang rata-rata di perkotaan membutuhkan hubungan dengan petani yang mempunyai hasil panen sebagai sumbert makanan pokok. begitu pula sebaliknya seorang petani membutuhkan masyarakat kota untuk dapat menjual hasil panennya.

Apa itu Interaksi sosial?

Interaksi sosial adalah proses di mana orang-orang berkomunikasi saling memengaruhi dalam pikiran dan tindakan. 

Proses sosial adalah kegiatan interaksi sosial antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok yang saling mempengaruhi.

Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh kedua belah pihak. Artinya kedua belah pihak harus saling merespon. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi.

Bentuk interaksi manusia ada dua, yaitu interaksi dengan lingkungan alam dan interaksi dengan lingkungan sosial.

1. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia. Lingkungan alam mencakup semua benda hidup dan tak hidup yang terjadi secara alamiah di bumi.

Lingkungan alam terdiri atas komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan yang bukan makhluk hidup. Lingkungan biotik adalah segala benda hidup yang ada di lingkungan.

Contoh interaksi manusia dengan alam adalah:

1. Manusia yang menanam tumbuhan.











2. Penggalian tanah untuk daerah pertambangan.












3. Petani yang menyesuaikan musim hujan sebagai waktu menanam padi.











4. Nelayan yang menyesuaikan waktu berlayar agar didapat hasil tangkapan yang maksimal.










5. Pedagang yang menyesuaikan waktu siang hari sebagai waktu untuk berdagang minuman es.


6. Cuti kantor akibat banjir melanda.
7. Seorang ayah yang memancing ikan di sungai.
8. Wisatawan mancanegara yang sedang berjemur di tepi pantai.
9. Warga kampung yang membersihkan aliran sungai dari sampah.


Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang mendominasi alam.

  • Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam contohnya adalah hidup dekat dengan sumber makanannya. Manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca, menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan lain-lain.
  • Interaksi manusia yang mendominasi alam. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Bahkan, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan. contoh interaksi manusia yang mendominasi alam yaitu 
    A. petani menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan
    B. menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam
    C. petani mempercepat memanen hasil panennya sebelum cuaca buruk
    D. manusia berupaya memodifikasi Cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan

2. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Sosial

Manusia perlu berhubungan atau berkomunikasi dengan yang lainnya. Maka terjadilah apa yang dinamakan proses sosial. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan saling memengaruhi antarmanusia. Proses sosial ini akan terjadi kalau ada interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.

Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh kedua belah pihak. Artinya kedua belah pihak harus saling merespon. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi.

Berlangsungnya suatu proses interaksi sosial didorong oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut:

a. Faktor Imitasi

Imitasi merupakan proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok. Contohnya adalah ketika ada seseorang ingin usaha budidaya ikan, maka ia akan melakukan komunikasi dengan pengusaha budidaya ikan untuk bertanya cara -cara budidaya ikan.

b. Faktor Sugesti

Sugesti artinya pengaruh yang dapat menggerakan hati orang. Contoh bentuk interaksi manusia karena sugesti adalah adanya iklan di televisi yang memberikan informasi kepada penonton, seorang sales kendaraan bermotor atau sales handphone yang menawarkan produk yang dijualnya kepada pembeli agar pembeli terpengaruh dan membelinya.

c. Faktor Identifikasi

Identifikasi merupakan kecenderungan-kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Proses ini dapat berlangsung dengan sendirinya, sehingga pandangan dan sikap orang lain bisa masuk ke dalam jiwanya. Contohnya ketika kalian menidolakan artis BTS dari korea, kalian akan menirukan gayanya maka itu termasuk interaksi karena faktor identifikasi.

d. Faktor Simpati

Simpati merupakan suatu proses ketika seseorang merasa tertarik kepada orang lain. Simpati akan muncul melalui perasaan yang memegang peranan sangat penting. Faktor simpati yang utama adalah ingin mengerti dan ingin bekerjasama dengan orang lain. Contohnya adalah seseorang yang peduli dengan anak yatim, maka akan melakukan komunikasi berupa memberikan sumbangan dan lain-lain.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMA 2 SUBTEMA 1 IPA (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA)

KELAS 5 BAB 5 SISTEM PENCERNAAN

MATERI KELAS 5 TEMA 3 MAKANAN SEHAT