TEMA 3 MAKANAN SEHAT

 MATA PELAJARAN IMLU PENGETAHUAN SOSIAL

Masihkah ingat materi seblumnya mengenai interaksi sosial?

Ia betul interaksi sosial yaitu hubungan timbal balik antara dua atau lebih orang.

Tahukah kamu jika dengan berinteraksi manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup  atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya. 

Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi. Dalam melakukan aktivitas kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar. 


Ketika di pasar banyak terjadi interaksi antara orang satu dengan yang lainnya. Contohnya ada interaksi antara penjual dan pembeli, ada interaksi antara tukang parkir dengan orang yang memarkirkan kendaraanya, dan lain-lain.

Kegiatan interaksi semua itu pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup.


Pembangunan sosial pada kehidupan sosial memberikan pengaruh terhadap cara-cara bekerja seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contohnya:

Cara menangkap ikan secara sederhana (tradisional)

jika dahulu nelayan menggunakan cara menangkap ikan dengan alat sederhana, dengan adanya interksi sosial akan terpengaruh dan berubah mengikuti perkembangan jaman dengan menggunakan perahu yang lebih besar dan bermesin serta menggunakan alat penangkap ikan yang modern dengan bantuan mesin. Dengan demikian pembangunan sosial salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Alat tangkap ikan modern



Selain itu contohnya lagi dengan adanya pembangunan sosial yang jaman dahulu seorang petani membajak sawah menggunakan kerbau atau sapi sekarang sudah menggunakan mesin traktor.






Selanjutnya manusia juga melakukan interaksinya dengan lingkungan budaya.

Contohnya:

1.masyarakat jawa berbicara kepada orang yg lebih tua menggunakan bahasa krama

2.tradisi lompat batu di Nias

3.orang yang meninggal di bali akan dibakar/ngaben

4.ketika datang ke sekolah kita memberi salam kepada guru

5.untuk mengucap rasa syukur masyarakat jawa mengadakan slametan

6.Masih mempunyai keyakinan yang meliputi adat istiadat,norma dan nilai agama

7.peralatan yg digunakan,mata pencaharian,busana yang dipakainya


Indonesia memiliki keberagaman budaya yang cukup luas. Masing-masing daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Adat istiadat ini dilakukan oleh masyarakat untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam bersosial dengan lingkungannya. Salah satu yang terlihat adalah dari segi bentuk rumah, pakaian adat, cara memakamkan orang meninggal, dan lain-lain.

Semua kegiatan adat melibatkan interaksi sosial dengan sesama warga. Contohnya adalah:



Pago pago di batak sumatra utara merupakan upacara untuk meresmikan penyerahan sebidang tanah marga kpd org lain dengan cara adat setempat.




Contoh 2:

Upacara Kasada adalah hari raya adat Suku Tengger yang digelar setiap hari ke-14 di bulan Kasada dalam penanggalan Jawa. Dalam Upacara Kasada, suku Tengger melempar aneka sesajen berupa sayuran, buah-buahan, hasil ternak bahkan uang ke kawah Gunung Bromo. Suku Tengger sendiri adalah pemeluk agama Hindu lama.

Contoh 3, yaitu Ruwatan 

Ruwatan adalah sebuah tradisi upacara adat yang sejak dulu hingga sekarang masih dilestarikan dan dimanfaatkan oleh  masyarakat secara luas. Meruwat berasal dari kata ruwat dalam bahasa jawa, yang memiliki arti membuang sial atau menyelamatkan orang dari gangguan tertentu. Ruwatan bertujuan untuk menyucikan seseorang dari segala nasib buruk.


Selain berbagai bentuk upacara juga terdapat perbedaan budaya dilihat dari bentuk rumah seperti berkut ini:


Selanjutnya bentuk inetraksi sosial masyarakat dengan lingkungan budaya dilihat dari bentuk tarian:

Tari saman meusekat dari Aceh. Fungsi tari Saman yaitu sebagai tari yang dipentaskan di upacara hari besar keagamaan seperti saat maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, tari ini juga berfungsi sebagai sarana penyebaran dakwah.




Tari Tor-Tor dari Sumatera Utara. Tari Tor Tor, Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.







Tari Jaipong adalah tari kelompok yang dibawakan oleh beberapa penari perempuan yang memakai kostum tari Jaipong yang khas baju Provinsi Jawa Barat.






Bagaimana Asyik kan belajar budaya di Indonesia.
Selamat belajar ya . . .

Semoga sukses. . .




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMA 2 SUBTEMA 1 IPA (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA)

KELAS 5 BAB 5 SISTEM PENCERNAAN

MATERI KELAS 5 TEMA 3 MAKANAN SEHAT