TEMA 3 KELAS 5

 ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Materi kita kali ini masih sama yaitu interaksi manusia

kali ini kalian akan belajar menganalisa dari dampaknya interaksi sosial yang ada di lingkungan, dan kaitannya dengan budaya.

Kegiatan ekonomi manusia ditentukan oleh kondisi lingkungan dan cara interakasi mereka.

Contoh:
Jika disuatu lingkungan terdapat gunung yang memiliki tanah yang subur, dan air yang melimpah serta terdapat tempat pariwisata. Maka tentukan kegiatan ekonomi apa saja yang ada padalignkungan tersebut!

Jawab:

1. Bertani atau menjadi seorang petani yang mencukupi kebutuhan hidupnya dengan bercocok tanam, karena lingkungannya tanahnya subur.

2. Penjual makanan atau penjual oleh-oleh khas daerah. Jika seseorang bertempat tinggal di sekitar tempat wisata, biasanya berprofesi sebagai penjual makanan karena memanfaatkan peluangnya ramainya pengunjung ke tempat wisata untuk menikmati makanan, kemudian juga ada yang berjual oleh-oleh khas daerah bisa makanan ringan atau bisa juga pakaian.

3. Membudidayakan ikan air tawar, atau sebagai peternak ikan air tawar. Hal ini dilakukan karena lingkungannya memiliki banyak air yang melimpah dan bersih, sehingga dapat digunakan sebagai sarana memelihara ikan air tawar yang nanti hasil panennya dapat dijual untuk memenuhi hidupnya.

4. Penjual jasa sewa kamar atau hotel. Hal ini dikarena masyarakat disekitar tempat wisata memanfaatkan peluang banyaknya pengunjung yang berlibur dan berkeinginan untuk menginap. Sehingga uang dari jasa sewa tempat tersebut dapat digunakan untuk mencukupi kehidupannya.

5. Tukang parkir. Kenapa tukang parkir? karena di tempat wisata banyak pengunjung dan mereka membutuhkan tempat penitipan kendaraannya. Sehingga peran tukang parkir dapat dihjadikan peluang sehingga tukang parkir dapat uang dari hasil ia menyediakan tempat penitipan dan menjaga kendaraan orang berwisata.


Selanjutnya pelajari lingkungan pada gambar berikut ini!

Lingkungan pada gambar di samping adalah lingkungan di pesisir pantai.

Dari gambar di samping nampak kegiatan ekonomi masyarakat pesisir pantai adalah nelayan, penjual ikan, dan pabrik pengolahan hasil tangkapan nelayan.


Jika pantai tersebut ramai pengunjung yang berwisata akan menimbulkan banyak peluang kegiatan ekonomi, diantaranya adalah pemandu wisata, jasa sewa perahu, jasa sewa papan selancar, jasa sewa alat penyelam, penjual makanan, penjual soefenir atau oleh-oleh, tukang parkir.

Selain itu juga ada kegiatan ekonomi lain. Jika dilihat dari kondisi tanhnya daerah pesisir pantai sangat cocok untuk menanam kelapa, maka akan muncul mata pencaharian sebagai petani kelapa, selain itu pelestarian hutan bakau yang dapat dijadikan sebagai kayu bakar atau jadi bahan arang, maka akan muncul kegiatan ekonomi sebagai industri pembuat arang dan penjual arang. Daerah sekitar hutan bakau juga dapat dijadikan sebagai wahana memancing udang, sehingga dapat muncul mata pencaharian sebagai jasa sewa alat pancing dan jasa sewa wahana memancing.

Kesimpulan:



ada banyak bermunculan mata pencaharian akibat kondisi lingkungan dan interaksi dengan sesama, diantaranya adalah:

  1. Petani
  2. Peternak
  3. Peternak Ikan
  4. Pedagang makanan
  5. Pedagang oleh-oleh khas daerah
  6. Jasa sewa vila atau hotel
  7. jasa sewa perahu
  8. jasa wisata kebun stroberi
  9. Jasa sewa kuda
  10. Nelayan
  11. Petani kelapa
  12. Pedagang ikan
  13. PIndustri pengolahan hasil tangkapan nelayan.
  14. Jasa sewa papan seluncur
  15. Jasa sewa alat pancing
  16. Tukang parkir
  17. Jasa transportasi

Demikian materi kita hari ini
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMA 2 SUBTEMA 1 IPA (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA)

KELAS 5 BAB 5 SISTEM PENCERNAAN

MATERI KELAS 5 TEMA 3 MAKANAN SEHAT