MATERI TEMA 4 KELAS 5 ILMU PENGETAHUAN ALAM

 Sebelum belajar silahkan berdoa terlebih dahulu!

Jika kemarin kalian mempelajari sistem peredaran darah, kali ini kalian akan belajar tentang gangguan pada alat peredaran darah.

GANGGUAN ALAT PEREDARAN DARAH

Gangguan pada alat peredaran darah manusia dapat terjadi karena keturunan ataupun penyakit tertentu. Penyakit pada alat peredaran darah dapat disebabkan oleh pola hidup dan makanan yang tidak sehat. Misalnya, terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan makanan berkadar kolesterol tinggi. Berikut ini akan dijelaskan gangguan-gangguan pada alat peredaran darah manusia.

Anemia, gangguan ini disebabkan rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah. Ciri-ciri penderitanya adalah mudah lelah dan sering merasa pusing. 

Tekanan Darah Rendah (Hipotensi), gangguan ini disebabkan terjadinya penurunan tekanan darah. 

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi), gangguan ini disebabkan naiknya tekanan darah yang diakibatkan penyempitan pembuluh darah. 

Kanker Darah (Leukemia), penyakit ini disebabkan sel-sel darah putih yang memperbanyak diri tanpa terkendali yang mengakibatkan sel darah putih ini memakan sel darah merah. 

Hemofilia, gangguan ini disebabkan adanya kelainan yang menyebabkan darah sulit membeku jika terjadi luka. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan.

Talasemia, pada penyakit ini, bentuk sel darah merahnya tidak beraturan. Hal ini menyebabkan daya ikat sel darah merah terhadap oksigen dan karbon dioksidanya berkurang.

Stroke, disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga saraf-saraf yang ada di otak tidak memperoleh cukup oksigen. Keadaan ini menyebabkan kerja saraf terganggu.

Sklerosis yaitu pengerasan pembuluh nadi (arteri) yang disebabkan oleh terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi. Bila kerak tersebut dari senyawa lemak disebut ateroskerosis, sedangkan bila terbentuk dari senyawa kalsium disebut arterisoklerosis. Akibat adanya kerak pada dinding pembuluh darah, bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan akibat selanjutnya terjadi hipertensi (tekanan darah tinggi).

Gambar penyakit Sklerosis


Varises merupakan pelebaran pembuluh balik (vena) yang umumnya terjadi di bagian betis. Di bagian betis tersebut tampak tonjolan berbelokbelok berwarna biru yang disebut varises. Varises terjadi karena terlalu lama berdiri atau kerja yang banyak menggunakan kaki.
Gambar penyakit Varises


Nah itulah beberapa contoh gangguan apada alat peredaran darah manusia. Agar kamu dapat terhindar dari gangguan alat peredaran darah, maka kamu perlu merawat dna menjaganya.

Agar alat peredaran kita dapat bekerja dengan baik pada saat mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh maka kita perlu menjaga dan memeliharanya dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya penyakit atau gangguan yang menyerang alat peredaran darah tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara alat peredaran darah kita adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Beberapa upaya lainnya yang dapat dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut.

Olahraga secara teratur
Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap berbagai penyakit. Selain itu, olahraga juga dapat membuat jantung yang merupakan alat peredaran darah dapat berfungsi dengan baik.
Menghindari makanan berlemak
Agar alat peredaran darah dalam tubuh kita ini bekerja dengan baik maka kita sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak lemak. Kelebihan lemak di dalam darah dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Akibat penyempitan pembuluh darah akan timbul penyakit jantung dan pendarahan otak. Lemak banyak mengandung kolesterol. Kolesterol dapat mengendap dan menyumbat pembuluh darah. Zat kapur juga dapat mengendap pada pembuluh darah. Endapan kapur dan lemak menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Akibatnya tekanan darah menjadi tinggi. Di samping itu, kita juga harus menghindari asap rokok dan minum-minuman keras.

Tidak merokok dan minum minuman beralkohol

Merokok merupakan kebiasaan yang harus ditinggalkan karena sangat merugikan bagi kesehatan. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain merokok, mengkon-sumsi minuman beralkohol juga dapat mempengaruhi alat peredaran darah. Jumlah alkohol yag terlalu banyak di dalam darah dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Tidur dan istirahat yang cukup
Dengan tidur yang cukup dan istirahat yang cukup tubuh akan kembali fit atau segar. Sekarang coba bayangkan jika mesin dibuat kerja terus menerus, maka akan rusak. Sama seperti alat peredaran darah jika terus-terusan di buat kerja akan menjadi mudah rusak dan terjadi gangguan. Selain itu tidur dan istirahat yang cukup membuat otak menjadi segar , sehingga otak dapat bekerja maksimal dalam menjalan semua organ tubuh manusia termasuk organ peredaran darah.

Demikian materi IPA tentang beberapa gangguan alat peredaran darah.
Selamat belajar . . .
jangan lupa tetap rajin beribadah mengingat nama Tuhanmu!
Terima Kasih . . .๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMA 2 SUBTEMA 1 IPA (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA)

KELAS 5 BAB 5 SISTEM PENCERNAAN

MATERI KELAS 5 TEMA 3 MAKANAN SEHAT