KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 1 MUATAN BAHASA INDONESIA
KD: Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
Pengertian Iklan :
- Sebuah
informasi yang tujuannya untuk mendorong, menyampaikan sesuatu,
membujuk/memberikan pengaruh kepada khalayak ramai atau banyak orang agar
tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.
- Sebuah pengumuman yang berisi informasi produk dan di sebarkan kepada khalayak ramai.
- Mempromosikan sesuatu kepada pembaca.
Tujuan Iklan
- Memberitahukan
kepada khalayak ramai tentang suatu produk.
- Mempengaruhi
khalayak ramai tentang suatu produk.
- Menyarankan
seseorang untuk membeli suatu produk yang di iklankan.
- Memberikan
informasi tentang produk.
- Menarik
khalayak ramai.
- Dan
lain-lain.
Syarat-syarat Iklan.
Dari segi isi iklan :
- Harus
objektif dan jujur.
- Singkat,
jelas dan mudah dipahami .
- Tidak
menyinggung pihak lain.
- Menarik
perhatian orang banyak.
- Informatif.
- komunikatif.
Dari segi bahasa iklan :
- Menggunakan
pilihan kata yang tepat, menarik, logis dan sopan
- Ungkapan/majas
yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak
- Bahasa
disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan
- Teks
iklan harus menuju sasaran
JENIS-JENIS
IKLAN
1. Iklan
pengumuman atau pemberitahuan
Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang
bertujuan memberitahukan sesuatu kepada khalaya umum misalnya iklan
pemberitahuan duka cita.
Berikut adalah contoh iklan pemberitahuan pada media cetak.
2. Iklan
penawaran (niaga)
Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan menawarkan Barang atau
jasa yang bertujuan memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dari barang atau
jasa yang mereka tawarkan , contoh
3. Iklan
layanan masyarakat
Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk
memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan
narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain. Berikut adalah contoh
iklan layanan masyarakat
4. Iklan
komersial
Iklan komersial adalah iklan yang menginformasikan produk
barang ataujasa yang ditawarkan oleh pemasar.
5. Iklan
perusahaan
Iklan perusahaan adalah iklan yang menekankan pada citra
perusahaan. Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan
perusahaan di masa datang. Tujuan utama iklan perusahaan adalah meningkatkan
citra perusahaan di mata masyarakat.
MEDIA-MEDIA IKLAN
1. Media
cetak
Media cetak merupakan media yang di cetak kelemahan media
ini adalah memiliki jangkauan yang relatifs sedikit namun dalam pembuatanya
tidak memerlukan biaya yang banyak. Conto media cetak adalah Koran, poster,
pamphlet dan lain-lain,
2. Media
elektronik
Media elektronik merupakan media yang berbasis elektronik
atau teknologi contohnya Televisi, Radio dan internet.
• Iklan
dengan media radio memiliki bunyi atau suara yang bisa di dengar Suara tersebut
dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect
(suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam. memiliki jangkauan
penyeberanya cukup luas namun memiliki kekurangan tidak bisa menampilkan
gambar.
• Iklan
dengan media telivisi adalah iklan yang dapat menampilkan suara sekaligus
gambar dan meiliki jangkauan yang sangat luas, iklan televisi merupakan jenis
iklan yang banyak di minati oleh calon pembeli atau pegguna jasa, namun
kelemahan dari iklan televisi ini adalah dalam pembuatanya jenis iklan ini
memerlukan biaya yang relative mahal.
• Iklan
dengan media digital interaktif (internet) adalah iklan yang di tampilkan dalam
blog atau halaman web seseroang, ada juga yang biasanya di tampilkan di dalam
video sesorang contohnya vedio youtube dan lain lain. Iklan internet ini bisa
berupa gambar saja atau bisa juga gambar dan suara.
Komentar
Posting Komentar