MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA KE-1
A. Pengumpulan Data
Pengumpulan data adalah sebuah proses yang dilakukan untuk
mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Ada beberapa cara dalam proses
pengumpulan data, seperti tes, pengamatan (observasi), angket, bertanya langsung, dan
sebagainya.
B. Membaca dan Menafsirkan Data1. Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk daftar
Diketahui berat badan (dalam kg) 10 siswa kelas 5 sebagai berikut :
32 33 33 34 32 31 35 34 35 37
Informasi yang dapat kita peroleh dari data di atas adalah sebagai berikut :
a. Siswa dengan berat badan 31 kg ada 1 orang, 32 kg ada 2 orang, 33 kg ada 2 orang, 34 kg ada
2 orang, 35 kg ada 2 orang, dan 37 kg ada 1 orang.
b. Berat badan siswa tertinggi adalah 37 kg dan terendah adalah 31 kg.
2. Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk tabel
Perhatikan tabel berikut!
Tabel jumlah produksi sampah beberapa kota tahun 2017
Informasi yang dapat kita peroleh dari tabel di atas adalah sebagai berikut :
a. Kota A memproduksi sampah sebanyak 400 ton, kota B 250 ton, kota C 100 ton, dan kota D
300 ton.
b. Produksi sampah paling banyak adalah kota A.
c. Jumlah produksi sampah keempat kota tersebut adalah 1.050 ton.
3. Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk diagram gambar
Diagram gambar merupakan diagram yang menyajikan data menggunakan gambar untuk mewakili
banyaknya data. Satu gambar dapat mewakili jumlah tertentu. Perhatikan contoh berikut!
Data Pekerjaan Orangtua Siswa
Informasi yang dapat kita peroleh dari diagram gambar di atas adalah sebagai berikut :
a. Orang tua siswa yang bekerja sebagai PNS ada 4 x 2 = 8 orang, pegawai swasta ada 6 x 2 = 12
orang, dan wirausaha ada 5 x 2 = 10 orang.
b. Paling banyak orang tua siswa bekerja sebagai pegawai swasta.
4. Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk diagram batang
Pada diagram batang, tinggi batang-batang persegi panjang menunjukkan banyaknya data.
Perhatikan contoh berikut!
Nilai Ulangan Matematika Siswa Kelas 5
Informasi yang dapat kita peroleh dari diagram batang di atas adalah sebagai berikut :
a. Banyak siswa yang memperoleh nilai 60 ada 4 siswa, 70 ada 7 siswa, 80 ada 9 siswa, dan 90
ada 10 siswa
b. Siswa paling banyak mendapat nilai 90 dan paling sedikit mendapat nilai 60
c. Jumlah siswa seluruhnya ada 4 + 7 + 9 + 10 = 34 siswa.
5. Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk diagram garis
Pada diagram garis, banyaknya data ditunjukkan dengan titik-titik yang dihubungkan menjadi garis.
Diagram garis biasanya menunjukkan data perkembangan atau pertumbuhan suatu hal secara
berkelanjutan..Perhatikan contoh berikut!
Hasil Panen Jagung Desa Makmur
Informasi yang dapat kita peroleh dari diagram garis di atas adalah sebagai berikut :
a. Hasil panen jagung Desa makmur tahun 2014 sebanyak 20 ton, 2015 sebanyak 25 ton, 2016
sebanyak 30 ton, dan 2017 sebanyak 25 ton.
b. Hasil panen jagung tertinggi terjadi pada tahun 2016, yaitu sebanyak 30 ton.
c. Hasil panen jagung selama 4 tahun sebanyak 20 + 25 + 30 + 25 = 100 ton.
6. Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk diagram lingkaran
Pada diagram lingkaran, satu lingkaran penuh dibagi menjadi beberapa bagian. Besar setiap bagian
menunjukkan banyaknya data yang dituliskan dalam satuan presentase atau besar sudut.
Perhatikan contoh berikut!
Olahraga Kegemaran 25 Siswa Kelas 5
Informasi yang dapat kita peroleh dari diagram
lingkaran di atas adalah sebagai berikut :
2. Jenis olahraga yang paling banyak disukai siswa adalah sepakbola.
3. Jenis olahraga yang paling sedikit disukai siswa adalah berenang.
Komentar
Posting Komentar